Sistem Pemerintahan di Malaysia Yang Harus Kamu Ketahui

Malaysia merupakan sebuah negara monarki konstitusional federal yang terletak di Asia Tenggara. Negara ini terdri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah federal.

Ibukotanya sendiri berada di Kuala Lumpur dengan pusat pemerintahan federal berada di Putrajaya. Pemerintahan Malaysia mengacu pada Pemerintah Federal atau otoritas pemerintah nasional yang berbasis di wilayah federal Kuala Lumpur dan eksekutif federal yang berbasis di Putrajaya.

Negara ini memiliki sistem parlementer Westminster dan dikategorikan sebagai perwakilan demokrasi. Pemerintah federal Malaysia menganut dan diciptakan oleh Konstitusi Federal Malaysia yang merupakan hukum tertinggi di negeri tersebut.

Sistem Pemerintahan Negara Malaysia

Pemerintah federal mengadopsi prinsip pemisahan kekuasaan berdasarkan Pasal 127 Konstitusi Federal dan memiliki 3 cabang, yaitu eksekutif, legislative, dan yudikatif.

Pemerintah negara bagian di Malaysia juga memiliki badan eksekutif dan legislative masing-masing. System peradilan di Malaysia adalah system pengadilan federal yang beroperasi secara merata di seluruh negeri.

1.Pemerintahan Federal Malaysia

Pemerintah federal atau pusat adalah otoritas tertinggi di Malaysia yang berbasis di Putrajaya. Pemimpinnya adalah Perdana Menteri Malaysia yang juga dikenal sebagai kepala pemerintahan.

  • Legislatif di Malaysia

Parlemen bikameran terdiri dari majelis rendah, Dewan Perwakilan Rakyat, atau Dwan Rakyat dan Majelis Tinggi, Senat, atau Dewan Negara.

Senat sendiri terdiri dari 70 anggita yang menjabat selama 3 tahun (maksimal 2 periode). Dua puluh enak diantaranya dipilih oleh 13 majelis negara bagian, dan 44 ditunjuk oleh Raja berdasarkan nasehat Perdana Menteri.

222 anggota Dewan Rakyat dipilih dari distrik-distrik anggota tunggal dengan hak pilih orang dewasa secara universal.

Parlemen mengikuti system multi partai. Parlemen memiliki mandate maksimal 5 tahun oleh undang-undang.

Raja dapat membubarkan parlemen setiap saat dan biasanya dilakkan berdasarkan nasehat Perdana Menteri.

  • Eksekutif di Malaysia

Kekuasaan ekskutif diberikan di cabinet yang dipimpin oleh Perdana Menteri. Konstitusi Malaysia menetapkan bahwa Perdana Menteru harus menjadi anggota Majelis Rendah Parlemen yang menurut pendapat Yang di-Pertuan Agong dan mayoritas parlemen.

Cabinet dipilih dari anggota majelis rendah dan bertanggung jawab kepada badan tersebut. Cabang eksekutif pemerintah terdiri dari Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan diikuti oleh menteri cabinet.

  • Yudikatif di Malaysia

Pengadilan tertinggi di sistem peradilan adalah Pengadilan Federal, diikuti oleh Pengadilan Banding dan dua Pengadilan Tinggi, satu untuk Semenanjung Malaysia dan satunya lagi untuk Malaysia Timur.

2.Kepala Pemerintahan Malaysia

Perdana Menteri Malaysia merupakan kepala pemerintahan (eksekutif) Malaysia yang secara tidak langsung dipilih.

Ia ditunjuk secara resmi oleh Yang di-Pertuan Agong, kepala negara. Perdana menteri memimpin cabinet yang anggotanya ditunjuk oleh saran Yang di-Pertuan Agong.

Perdana menteri dn kabinetnya bertanggung jawab secara kolektif kepada Parlemen. Kantor perdana Menteri adalah tempat di mana Perdana Menteri menjalankan fungsi dan kekuasannya.

3.Pemerintahan Negara Bagian di Malaysia

Setiap pemerintahan negara bagian d Malaysia diciptakan oleh konstitusi masing-masing, setiap negara bagian memiliki legislative unicameral yang anggotanya dipilih dari daerah pemilihan anggota tunggal.

Pemerintah negara bagian dipimpin oleh Menteri  Utama, Menteri Besarm atau Ketua Menteri yang merupakan anggota dewan dari partai mayoritas di Dewan Undangan Negeri.

Mereka menyarankan sultan atau gubernur masing-masing. Di masing-masing negara bagian dengan penguasa turun-temurun, Kepala Menteri diharuskan menjadi seorang Melayu yang ditunjuk oleh Sultan atau rekomendasi Perdana Menteri.

Itulah bagaimana system pemerintahan yang berlaku di Malaysia. Cukup unik dan menarik ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *