Pengertian Crypto Currency Mata Uang Digital

Seiring dengan internet yang kian mendominasi, cryptocurrency mulai muncul ke permukaan. Kamu mungkin pernah mendengar tentang Bitcoin atau Ethereum, dan mungkin bahkan Ripple, tetapi sebenarnya ada lebih dari seribu koin dan token berbeda yang tersedia.

Pengertian Crypto Currency Mata Uang Digital

Bagi orang yang jauh dari dunia teknologi, pengertian cryptocurrency mungkin masih sulit untuk dicerna. Jadi, apa pengertian cryptocurrency itu dan apa hubungannya dengan teknologi dan internet?

Jenis – Jenis Crypto Currency Dan Kegunaannya

Dalam dunia investasi aset Crypto & Bitcoin bisa dibilang jadi trendsetter sekaligus top mind dikalangan investor. Pasar kripto telah bertumbuh sangat pesat sehingga jenis mata uang digital bertambah banyak. Namun apakah yang dimaksud dengan Crypto Currency ?

Crypto currency adalah mata uang digital yang dipakai untuk bertransaksi virtual dalam jaringan internet. Sandi-sandi rahasia yang cukup rumit berfungsi melindungi dan menjaga keamanan mata uang digital ini.

Meski crpytocurrency sudah dikembangkan sejak tahun 1990-an, baru sekitar 10 tahun terakhir dikenal masyarakat global. Beberapa jenis cryptocurrency yang sering digunakan antara lain Litecoin, Ethereum, Monero, Ripple, dan tentu saja Bitcoin. Saat ini ada lebih dari 1.000 cryptocurrency yang beredar di seluruh dunia.

Jenis Crypto Currency Dan Kegunaannya

Senatordanwolf menjelaskan berbagai definisi cryptocurrency dari karakteristik dan kegunaannya, yaitu sebagai berikut:

  1. Digital: Cryptocurrency adalah mata uang digital yang berarti hanya berlaku di komputer. Cryptocurrency tidak hadir dalam bentuk fisik yang dapat kita pegang sehari-hari.
  2. Peer-to-peer: Cryptocurrency dapat digunakan untuk transaksi dari satu orang ke orang lainnya secara online.
  3. Global: Cryptocurrency sama di setiap negara. Maka, transaksi dapat dilakukan secara bebas antarnegara tanpa terpengaruh oleh kurs.
  4. Terenkripsi: Setiap pengguna memiliki kode tersendiri untuk bertransaksi dengan cryptocurrency. Setiap melakukan transaksi, pengguna tidak bisa melihat transaksi tersebut dilakukan oleh siapa. Tidak ada nama asli yang muncul dalam setiap transaksi cryptocurrency. Lebih dari itu, tidak ada aturan apa pun tentang siapa yang bisa menggunakan cryptocurrency dan digunakan untuk apa.
  5. Terdesentralisasi: Transaksi uang pada umumnya selalu melibatkan pihak yang menengahi setiap transaksi, seperti bank. Namun di dunia cryptocurrency, tidak ada bank atau pihak tersebut. Setiap orang bertanggung jawab atas uang mereka sendiri.
  6. Truthless: Dalam menggunakan cryptocurrency, kamu tidak perlu percaya kepada siapa pun dalam sistem.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cryptocurrency adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antarpengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga.

Beberapa situs sudah meresmikan Crypto sebagai alat pembayaran yang sah. Seperti Daftar Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya yang ada di Eropa dan Asia menganggap Crypo sebagai uang virtual yang berlaku.

Selain menggunakannya sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi.