Pemerintahan Sistem Diarchy

Pemerintahan Sistem Diarchy

Secara umum setiap negara memiliki 1 kepala negara yang mengatur pemerintahan. Kalaupun ada 2 yang 1 adalah kepala negara dan 1 lagi kepala pemerintahan. Tetapi, tahukah anda dengan pemerintahan diarchy? 

Diarchy sebenarnya berasal dari bahasa yunani. Sistem pemerintahan dari 2 penguasa yang kedudukannya setara. Nah, ada beberapa negara yang menganut sistem pemerintahan seperti ini. Pastinya kamu sudah penaran dengan negara tersebut segera saja simak pembahasan kita kali ini. 

Negara Pemerintahan Sistem Diarchy

Tentunya di dunia ini sangat jarang sekali kita melihat pemerintahan yang dipimpin oleh 2 orang dengan posisi yang setara. Faktanya ada beberapa negara yang menganut sistem menjalankan pemerintahannya seperti ini. Nah, beberapa negara yang masih menganut sistem pemerintahan diarchy adalah sebagai berikut :

Andorra

Andorra merupakan negara terkecil ke-6 di eropa. Negara ini pemerintahannya masih menganut diarchy dimana yang memimpin negara tersebut ada 2 pangeran. Anehnya pangeran tersebut bukan berasal dari Andorra melainkan dari Prancis dan Spanyol.

Pemegang jabatan pangeran andorra adalah presiden Prancis dan uskup Urgell dari Catalonia, Spanyol. Pemilihan pangeran Andorra sendiri juga dilakukan oleh warga prancis dan bukan oleh warga Andorra. Sistem Diarchy yang dianut oleh Andorra juga sudah berabad-abad lamanya. 

San Marino

San Marino merupakan negara terkecil no 5 di dunia. Negara berbentuk republik ini dikelilingi oleh Italia. Nah, jika di Andorra di pimpin oleh 2 pangeran maka di San marino diatur oleh 2 capitani Reggenti atau wali kapten.

2 Wali kapten ini dipilih enam bulan sekali oleh parlemen San Marino. Untuk 2 Wali kapten yang terpilih ini di harapkan menjadi kepala negara dan pemerintahan sekaligus. 

Swaziland

Kerjaan Swaziland adalah negara yang terletak di benua Afrika. Swaziland adalh sebuag negara berdaulat yang secara geografis berada di Afrika bagian selatan. Negara monarki ini berbatasan dengan Mozambik dan Afrika Selatan.

Nah, Kerajaan Swaziland ini sistem pemerintahannya di atur oleh raja dan ibu suri. Meskipun begitu, dalam faktanya ataupun prakteknya kewenangan besar ada di tangan raja. Tidak hanya itu saja, Swaziland juga memiliki 2 Ibukota yaitu Mbabane dan Lobamba.

Itulah 3 negara yang masih menganut sistem pemerintahan Diarchy di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini. Semoga saja dengan adanya hal yang kami sampaikan ini akan membantu diri kamu mendapatkan pengetahuan lebih.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *