Mengenal Pengertian, Fungsi, serta Tujuan Pemerintahan

Mengenal Pengertian, Fungsi, serta Tujuan Pemerintahan

Mengenal Pengertian, Fungsi, serta Tujuan Pemerintahan

Pemerintah adalah sekelompok orang atau organisasi yang memiliki kekuasaan untuk memerintah serta kewenangan dalam membuat dan menerapkan hukum/ undang-undang di wilayah tertentu. Pemerintah juga merupakan suatu lembaga atau badan publik yang berperan mewujudkan tujuan negara dan diberikan kewenangan untuk melaksanakan kepemimpinan serta mengkoordinasi pemerintahan dan pembangunan masyarakat dari berbagai lembaga ditempatkan. Penasarankan pastinya pengertian, fungsi, dan tujuan pemerintahan? Yuk, langsung saja simak di bawah ini.

Peran Pemerintahan Dalam Sebuah Negara

Pengertian Pemerintahan

Pemerintahan adalah proses atau cara pemerintah dalam menjalankan wewenangnya di berbagai bidang (ekonomi, politik, administrasi, dan lainnya) dalam rangka mengelola berbagai urusan negara untuk menyejahterakan masyarakat. (Pengertian Umum)

Dalam arti sempit, pemerintahan adalah seluruh kegiatan, fungsi, tugas, dan kewajiban yang dijalankan oleh lembaga eksekutif untuk mencapai tujuan negara. Sedangkan untuk arti luas, pemerintahan adalah seluruh kegiatan yang bersumber pada kedaulatan dan kemerdekaan, serta berlandaskan pada dasar negara, rakyat atau penduduk dan wilayah negara demi tercapainya tujuan negara. Agar lebih memahami apa arti pemerintahan, kita dapat menyimak beberapa pengertian dari para ahli berikut ini.

Suradinata

Organisasi yang memiliki kekuatan besar di negeri ini, termasuk urusan publik, teritorial, serta urusan kekuasaan dalam rangka mencapai tujuan negara.

Affan

Kegiatan terorganisir warga negara berdasarkan dasar kedaulatan negara dan bersumber untuk mencapai tujuan dari orang / warga di daerah itu sendiri.

Wilson

Kekuatan pengorganisasian tidak selalu berkaitan dengan organisasi angkatan bersenjata, tetapi dua atau sekelompok orang dari berbagai kelompok masyarakat yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi untuk mewujudkan tujuan dan sasaran mereka, dengan memberikan perhatian kepada urusan publik.

Ndraha

Semua perangkat negara atau lembaga negara yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan.

Robert Mac Iver

Organisasi dari orang-orang yang memiliki kekuasaan, bagaimana manusia dapat diatur.

Fungsi Pemerintah

Terdapat empat fungsi utama dari pemerintah, antara lain sebagai berikut:

  1. Fungsi Pelayanan

Secara umum pelayanan yang dilakukan pemerintah meliputi pelayanan publik dan pelayanan sipil yang mengedepankan kesetaraan, seperti mencakup masalah hubungan luar negeri, peradilan, keuangan, agama, pertahanan dan keamanan.

  1. Fungsi Pengaturan

Berfungsi untuk membuat peraturan perundang-undangan yang mengatur hubungan manusia di dalam masyarakat agar kehidupan berjalan lebih harmonis dan dinamis.

  1. Fungsi Pembangunan

Pemerintahan juga berfungsi sebagai pemacu pembangunan, baik di pusat maupun di daerah. Fungsi pembangunan pada pemerintahan adalah untuk pembangunan infrastruktur dan pembangunan mental spiritual warga negara.

  1. Fungsi Pemberdayaan

Fungsi pemberdayaan ini bertujuan untuk mendukung otonomi daerah sehingga masing-masing daerah dapat mengelola sumber daya secara maksimal. Untuk mencapai tujuan tersebut maka pemerintah daerah harus meningkatkan peran keikutsertaan masyarakat dan swasta dalam kegiatan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan.

Tujuan Pemerintahan

Tujuan fundamental suatu pemerintahan adalah untuk menjaga kedisiplinan dan keamanan umum, sehingga setiap anggota masyarakat dapat merasakan kebahagiaan.

Adapun beberapa tujuan pemerintahan adalah sebagai berikut:

  • Melindungi hak asasi manusia, kebebasan, kesetaraan, perdamaian, serta keadilan bagi seluruh rakyatnya.
  • Menjunjung tinggi dan menjalankan konstitusi sehingga setiap warga negara diperlakukan secara adil.
  • Menjaga perdamaian dan keamanan di dalam masyarakat dengan menerapkan hukum secara adil.
  • Melindungi kedaulatan bangsa dari berbagai unsur yang mengancam, baik dari dalam maupun luar.
  • Menjaga sistem moneter sehingga menciptakan perdagangan domestik dan internasional berjalan dengan baik.
  • Menarik pajak dan menetapkan APBN secara bijak sehingga pengeluaran negara tepat sesuai sasaran.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak-banyaknya sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik.
  • Menjaga hubungan diplomatik dengan negara lain dengan cara membangun kerjasama di berbagai bidang.

Demikian artikel ini kami sampaikan seputar pengertian, fungsi, serta tujuan dari sebuah pemerintahan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian dalam menambah wawasan dan pengetahuan kita seputar fungsi dan peran pemerintahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *