Daftar Jenis Bentuk Pemerintahan yang Wajib Kalian Ketahui

Daftar Jenis Bentuk Pemerintahan yang Wajib Kalian Ketahui

Daftar Jenis Bentuk Pemerintahan yang Wajib Kalian Ketahui

Pemerintah adalah sistem atau sekelompok orang yang mengatus komunitas terorganisir baik sebuah negara atau wilayah di dalam negara. Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai beberapa penjelasan mengenai bentuk pemerintahan yang paling umum digunakan di berbagai negara. Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Jenis-Jenis Bentuk Pemerintahan di Dunia

1. Anarki

Anarkisme merupakan suatu kondisi di mana suatu bangsa atau negara yang beroperasi tanpa adanya badan pemerintahan terpusat. Pada badan pemerintahan Anarki ini, menunjukkan tidak adanya utilitas atau layanan publik, kurangnya kontrol regulasi, hubungan diplomatik yang terbatas dengan negara-bangsa lain, dalam kebanyakan kasus, masyarakat dibagi menjadi pemukiman yang berbeda serta diperintah secara lokal (wilayah kekuasaan).

2. Aristokrasi

Aristokrasi mengacu pada suatu bentuk pemerintahan di mana bangsawan diberi kekuasaan atas mereka yang berada di strata sosial ekonomi yang lebih rendah. Posisi kepemimpinan diserahkan kepada orang-orang dari kelas penguasa elit, status yang biasanya turun temurun.Jenis bentuk pemerintahan yang satu ini mempromosikan sistem khas inheren yang menggabungkan kekayaan dan etnis dengan kemampuan hak untuk memerintah sebuah negara.

3. Birokrasi

Bentuk pemerintahan selanjutnya adalah sebuah pemerintahan yang mengacu pejabat pemerintah menjalankan tanggung jawab oublik sebagaimana didikte oleh kelompok pembuat kebijakan administratif. Aturan, peraturan, prosedur, dan hasil yang dirumuskan untuk menjaga ketertiban, mencapai efisiensi, serta mencegah favoritisme dalam sistem. Birokrasi digunakan sebagai mekanisme dasar dan untuk memperkuat bentuk pemerintahan yang menyeluruh.

4. Kapitalisme

Kapitalisme mengacu pada bentuk ekonomi di mana produksi didorong oleh kepemilikan pribadi. Bentuk pemerintahan yang satu ini mempromosikan gagasan persaingan terbuka dan meluas dari keyakinan bahwa ekonomi pasar bebas dengan kontrol regulasi terbatas adalah bentuk paling efisien dari organisasi ekonomi. Pemerintahan ini mendorong pertumbuhan ekonomi, peningkatan taraf hidup, produktivitas tinggi, kemakmuran yang lebih luas, dan lainnya.

5. Kolonialisme

Bentuk pemerintahan suatu negara yang akan berusaha memperluas kedaulatannya atas wilayah lain. Dalam istilah praktis, Kolonialisme melibatkan perluasan kekuasaan suatu negara di luar perbatasannya. Bentuk pemerintahan ini terkadang melibatkan kependudukan warga asli dan eksploitasi sumber daya untuk kepentingan bangsa yang berkuasa.

6. Komunisme

Komunisme mengacu pada gagasan kepemilikan bersama atas publik atau ekonomi, termasuk infrastruktur, utilitas, dan alat-alat produksi. Bentuk pemerintahan ini diidealkan bahwa tidak adanya perpecahan kelas, yang secara inheren mensyaratkan subversi kelas penguasa oleh kelas pekerja. Oleh sebab itu, bentuk pemerintahan ini sering kali memasukkan ide aksi revolusioner terhadap pemerintahan yang tidak setara.

7. Demokrasi

Bentuk pemerintahan yang satu ini mengacu di mana rakyat diberikan peran langsung dalam memilih kepemimpinan mereka. Tujuan Demokrasi ini sendiri adalah tata kelola melalui perwakilan yang adil. Sebuah sistem pemerintahan di mana tidak ada kekuatan atau entitas tunggal dapat melakukan kontrol atau praktik otoritas tanpa adanya pengawasan. Sistem pemerintahan ini menghasilkan sebuah sistem yang membutuhkan wacana, debat, serta kompromi untuk kepentingan publik. Sistem ini dilakukan dengan pemilihan yang bebas dan adil, partisipasi sipil, perlindungan hak asasi manusia, serta supremasi hukum.

8. Federalisme

Bentuk pemerintahan yang terakhir adalah Federalisme, suatu pemerintahan yang menggabungkan dan membagi kekuasaan antara otoritas federal yang tersentralisasi dan berbagai otoritas regional dan lokal. Sistem pemerintahan ini terikat pada otoritas struktur pemerintah yang luas serta menyatukan.

Itulah 8 daftar bentuk sistem pemerintahan serta penjelasannya yang wajib kalian ketahui. Semoga dengan penjelasan pemerintahan diatas kalian lebih memahami apa itu bentuk pemerintahan dalam suatu negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *