Bentuk Pemerintahan Negara Vietnam

Di Asia Tenggara, terdapat berbagai negara dengan bentuk-bentuk negara atau bentuk pemerintahan yang beragam.

Salah satunya adalah Vietnam yang menganut bentuk pemerintahan republic sosialis. Lalu, apa itu republic sosialis?

Pemerintahan negara Vietnam

Republic sosialis di negara Vietnam merupakan sebuah negara yang memiliki partai tunggal. Bentuk pemerintahan ini bisa dikatakan sebagai konstitusi baru yang telah disahkan pada April 1992 silam dengan tujuan untuk menggantikan versi sebelumnya, yaitu pada tahun 1975.

Konstitus baru ini dimulai tepat setelah perang Vietnam berakhir. Awalnya, komunisme merupakan isu primer yang mengakibatkan perang di Vietnam.

Kondisi inilah yang membuat Vietnam menginginkan sebuah perubahan. Perubahyan dalam tata negaranya agar masyarakat yang hidup di negara tersebut lebih merasa nyaman dan aman.

Republic sosialis biasanya dirujuk kepada negara yang secara konstitusinya bertujuan untuk mendirikan sosialisme.

Contoh negara pers komunis di negara Barat sangatlah banyak saat itu. Bahkan seringkali dirujuk kepada negara sosialis yang memiliki partai tunggal.

Mereka tidak mau disebut sebagai negara komunis karena mereka merupakan revolusi dari negara komunis. Hal ini berlaku di negara Vietnam.

1.Politik dan Pemilu

Ciri-ciri ideology komunisme adalah partai komunis yang diikutsertakan dalam organisasi pemerintah, baik dalam politik maupun dalam kehidupan masyarakatnya.

Pada negara yang menganut pemerintahan ini hanya mengizinkan kerjasama dengan organisasi politik yang telah bekerja sama ataupun mendapatkan dukungan dari partai Komunis itu sendiri.

Mereka nantinya juga akan terlibat dalam pemilihan umum.

2.Kepala Negara

Kepala negara Vietnam adalah Presiden dan Kepala Pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Di sana, Presiden merupakan kepala negara dan secara tidak langsung juga menduduki panglima tertinggi dalam militer Vietnam.

Presiden bertindak sebagai Dewan Nasional di sektor Pertahanan dan Kemanan atau Council National Defense and Security.

Peran presiden yang bertindak sebagai kepala negara tentunya tidak lepas dari bantuan dari kepala pemerintahannya, yaitu perdana menteri.

Perdana menteri di Vietnam yang merupakan kepala pemerintahan biasanya mengepalai cabinet dengan jumlah 3 deputi perdana menteri serta 26 kepala menteri-menteri dan perwira-perwiranya.

3.Sistem Pemerintahan

Bentuk pemerintahan negara Vietnam memang berupa republic sosialis, namun sistem pemerintahannya berupa sistem parlemen.

Lembaga eksekutif Vietnam merupakan anggota dari National Assembly (NA). Anggota tersebut biasanya terdiri atas:

  • Perdana Menteri
  • Deputi PM
  • Menteri Pemerintahan
  • Beberapa Anggota Lainnya.

Seluruh anggota kecuali PM tidak harus aktif menjadi anggota NA. tugas menteri dalam negeri ataupun luar negeri Vietnam seperti halnya peran PM di negara lainnya yang sama-sama menganut sistem parlemen.

Namun, perbedaan pada sistem pemerintahan Vietnam adalah tugas yang diemban oleh Presidennya.

Presiden Vietnam memiliki jabatan sebagai kepala negara secara umum sebagai wakil rakyat, baik internal ataupun eksternal. Di sisi lain, presiden juga memiliki tugas untuk menjaga konstitusi negara.

4.Lembaga Negara

Di negara ini juga terdapat lembaga pemerintah yang memiliki fungsi tugas untuk merumuskan Undang-Undang Pemerintah atau Parlemen Unikameral.

Lembaga ini disebut sebagai Majelis Nasional Vietnam (National Assembly of Vietnam) yang setara dengan lembaga DPR di Indonesia.

Namun, lembaga ini berkedudukan lebih tinggi jika dibandingkan dengan lembaga eksekutif dan yudikatif lainnya.

Lembaga lainnya adalah Supreme People’s Court of Vietnam.

Itulah bentuk pemerintahan negara Vietnam terlengkap beserta denganvsistem pemerintahan yang dijalankan serta lembaga yang bergerak membantu jalannya pemerintahan.

Tertarik mengunjungi negara Vietnam?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *