APA SAJA BANTUAN PEMERINTAH YANG AKAN HADIR DI BULAN NOVEMBER?

APA SAJA BANTUAN PEMERINTAH YANG AKAN HADIR DI BULAN NOVEMBER?

Memberikan bantuan tiada henti kepada masyarakat yang membutuhkannya, memang sudah menjadi tugas dari pemerintah. Sehingga masyarakatnya bisa merasakan kesejahteraan yang seharusnya mereka dapatkan. Sudah menjadi hak dari setiap warga bukan untuk mendapatkan kemerdekaan dan kesejahteraan di negaranya sendiri. Di bulan November aka nada bantuan dari pemerintah yang mulai cair untuk masyarakat. Terdapat beberapa bantual sosial yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah. Beberapa bantuan sosial tersebut adalah BLT, BPUM, dan untuk pelajar yang melakukan sekolah secara online akan mendapatkan kuota internet secara gratis.

Bantuan pemerintah ini akan langsung diluncurkan kepada mereka yang sudah didata dan ditargetkan. Tentunya yang diutamakan adalah mereka yang sangat terkena dengan dampak dari COVID – 19. Semoga bantuan yang akan diberikan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang mengalami keterpurukan, terutama dalam segi ekonomi. Mengalami penurunan omset, bahkan bukan hanya penurunan saja yang didapat.Belum lagi yang sudah berkeluarga, rasanya dunia mau runtuh bila sudah begini. Mari mengetahui lebih jelas tentang bantuan sosial dari pemerintah yang akan dikucurkan pada bulan November ini.

1.BLT BPJS Ketenagakerjaan

APA SAJA BANTUAN PEMERINTAH YANG AKAN HADIR DI BULAN NOVEMBER?

Ini diluncurkan untuk mereka para pekerja yang memiliki gaji di bawah lima juta, mereka akan mendapatkan BLT sebesar 600 ribu. Karena tidak semua orang memiliki penghasilan yang besar, sehingga mereka yang memiliki gaji di bawah lima juta tersebut akan mendapatkan bantuan uang tunai. Tetapi terdapat syarat yang lainnya untuk orang yang akan meneriman bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan tersebut, yand dikeluarkan oleh Pemenaker No. 14 Tahun 2020 yaitu :

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

2. Terdaftar sebagai peserta jaminan sosial tenaga kerja yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan;

3. Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp 5 juta sesuai upah yang di laporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan;

4.Pekerja/buruh penerima upah;

5. Memiliki rekening bank yang aktif;

6. Peserta yang terdaftar sebagai peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juni 2020.

Lalu ada alternatif lain dari pendaftaran ini yaitu karyawan bisa langsung didaftarkan dari perusahaan. Selain itu daftar mandiri pun bisa, melalui web yang sudah tersedia.

2.Bantuan Kuota Internet

Bantuan Kuota Internet

Ini yang sangat dibutuhkan oleh para pelajar di masa pandemi ini, sehingga Kemendikbud memberikan kucuran kuota internet gratis. Kuota internet gratis tersebut berupa :

  1. Peserta didik jenjang PAUD mendapatkan kuota internet gratis sebesar 20 GB/30 hari yang terdiri dari 5 GB kuota internet Kemendikbud dan 15 GB kuota belajar Kemendikbud.
  2. Peserta didik jenjang SD hingga Sekolah Menengah mendapatkan kuota internet gratis sebesar 35 GB/30 hari yang terdiri dari 5 GB kuota internet Kemendikbud dan 30 GB kuota belajar Kemendikbud.
  3. Pendidik jenjang PAUD hingga Sekolah Menengah mendapatkan kuota internet gratis sebesar 42 GB/30 hari yang terdiri dari 5 GB kuota internet Kemendikbud dan 37 GB kuota belajar Kemendikbud.
  4. Dosen hingga Mahasiswa mendapatkan kuota internet gratis sebesar 50 GB/30 hari yang terdiri dari 5 GB kuota internet Kemendikbud dan 45 GB kuota belajar Kemendikbud.

3.BPUM UMKM RP 2,4 JUTA

BPUM UMKM RP 2,4 JUTA

Bantuan sosial yang satu ini akan ditargetka kepada 12 juta UMKM yang ada. Terdapat beberapa syarat yang harus terpenuhi oleh UMKM untuk bisa mendapatkannya yaitu :

1. WNI

2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3. Memiliki usaha mikro

4. Bukan ASN, TNI/Polri serta Pegawai BUMN/BUMD

5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR

6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Itulah bantuan sosial yang akan dikucurkan oleh pemerintah di bulan November 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *